HIMATIKA UNAND KEMBALI MENGGELAR PSB XVII SE-INDONESIA



Padang- Sebagai bentuk penghargaan terhadap dunia pendidikan untuk menghadapi tantangan pendidikan di masa depan, Himpunan Mahasiswa Matematika Universitas Andalas (HIMATIKA UNAND) kembali mengadakan kegiatan tahunan Pekan Seni Bermatematika XVII  (PSB XVII)  Se-Indonesia dari tanggal 6 – 8 Februari 2020 dengan tema “Mathematics in Revolution”.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kecintaan generasi muda pada penerapan dan penalaran matematika, serta meningkatkan kreatifitas siswa dan mahasiswa dalam penguasaan matematika,”  ujar Febri Aneza selaku Ketua Acara kegiatan ini.

Lebih lanjut Febri menjelaskan, pelaksanaan PSB XVII untuk membina dan meningkatkan peran matematika baik secara langsung maupun secara tidak langsung guna meningkatkan SDM menyongsong era globalisasi.

Acara PSB XVII ditutup dengan persembahan oleh HIMATIKA UNAND berupa tari nusantara dan pemberian hadiah kepada para pemenang. Sebagai bentuk apresiasi,  juara 1 lomba Seni Bermatematika dapat diusulkan diterima di jurusan Matematika Universitas Andalas melalui jalur SNMPTN. Hal ini untuk meningkatkan daya saing Jurusan Matematika Universitas Andalas dengan kampus – kampus besar yang berada di luar Sumatera Barat.

 Adapun untuk juara umum pemenang dari lomba PSB XVII tahun ini yaitu SMP IT Arrisalah Padang, sedangkan untuk kategori Seni Bermatematika SMP dan SMA juara 1 diraih oleh SMP IT Arrisalah Padang dan SMA Negeri 1 Padang Panjang, Lomba Cepat Tepat SMP dan SMA juara 1 diraih oleh SMP Negeri 8 Padang dan SMA Negeri Agam Cendekia, Pemodelan Matematika SMA untuk juara 1 diraih oleh SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti, sedangkan Pemodelan Matematika Mahasiswa diraih oleh Universitas Andalas, Math Dominoes dimenangkan oleh SMA Negeri 3 Batusangkar, Mading terbaik dan terfavorit dimenangkan oleh MTs Negeri 3 Kabupaten 50 Kota dan SMP Negeri 30 Padang,  Poster Aplikasi terbaik dan terfavorit dimenangkan oleh SMA Negeri 3 Painan dan SMP IT Nurul Ilmi Jambi, Poster handamade terbaik dan terfavorit dimenangkan oleh SMP Dar El Iman Islamic Padang dan SMA Negeri 3 Padang Panjang, Instagram Video dimenangkan oleh SMA Katolik Xaverius Padang, Photo Contest dimenangkan oleh MAN 2 Tanah Datar, dan Artikel dimenangkan oleh SMA Negeri 1 Kubung.

Pemberian hadiah berupa Piala bergilir Menteri Pendidikan diberikan oleh Perwakilan dari Dinas Pendidikan kepada juara umum PSB XVII se-Indonesia, sedangkan Piala bergilir Gubernur Sumatera Barat diberikan kepada pemenang juara 1 Lomba Seni Bermatematika.

Pada acara penutupan seorang Siswa SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti mengapresiasi panitia lomba PSB XVII dengan mengatakan “Kegiatan ini sangat berkesan bagi saya dan teman-teman. Melalui kegiatan ini banyak  hal-hal positif yang kami dapatkan, terutama perihal berteman. Apalagi bagi kami yang berasal dari sekolah pelosok. Karena, mungkin sebagian orang yang berada di Auditorium Universitas Andalas ini banyak yang tidak mengenal sekolah kami. Tetapi berkat kegiatan ini, kami yang berasal dari sekolah pelosok bisa dikenal oleh orang-orang. Harapannya dari kegiatan ini, semoga kegiatan ini lebih baik kedepannya dan cabang lomba yang diadakan semakin banyak serta yang terpenting pada kegiatan ini terdapat bonus untuk pemenang Seni Bermatematika agar mudah memasuki kampus UNAND, khususnya Jurusan Matematika Fakultas FMIPA UNAND” ujarnya.

“Terimakasih kepada semua peserta yang telah mengikuti acara PSB XVII, pihak yang telah membantu serta rekan-rekan panitia PSB XVII atas bantuan dan semangatnya yang luar biasa sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik dan mohon maaf jika kami selaku panitia melakukan kesalahan dalam pengangkatan acara PSB XVII. Sampai jumpa di Pekan Seni Bematematika XVII”. Ujar Febri selaku ketua acara kegiatan ini.

Komentar