Konsolidasi IKAHIMATIKA

KONSOLIDASI IKAHIMATIKA


Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika Indonesia atau yang disingkat dengan IKAHIMATIKA INDONESIA adalah salah satu organisasi yang merupakan asosiasi profesi mahasiswa berskala nasional yang ada di Indonesia. Tentunya asosiasi profesi yang berlandaskan keilmuan dan keprofesian di bidang matematika. Perlu diketahui bahwa IKAHIMATIKA merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi semua mahasiswa matematika se-Indonesia sesuai dengan AD/ART yang bersifat ilmiah, profesional dan independen.
Sebagai sebuah organisasi, IKAHIMATIKA mempunyai struktur organisasi atau kepengurusan dengan tugas dan wewenang masing-masing. IKAHIMATIKA mempunyai 6 wilayah hukum di seluruh Indonesia, yaitu :
a. Wilayah I : NAD, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau.
b. Wilayah II : Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Bangka Belitung.
c. Wilayah III : DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Banten.
d. Wilayah IV : DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.
e. Wilayah V : Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.
f. Wilayah VI : Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Gorontalo.
Untuk mempermudah koordinasi antar sub-wilayah, khususnya di Sumatera Barat, upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan sebuah acara yang dinamakan Konsolidasi IKAHIMATIKA, yang merupakan serangkaian kegiatan bagi setiap himpunan yang ada di tiap wilayah. Tahun ini Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Andalas menjadi tuan rumah untuk diadakannya acara Konsolidasi IKAHIMATIKA Wilayah I Subwilayah III. Acara ini diadakan pada tanggal 2-3 November 2019 dengan tema "Seiring Sejalan, Selangkah Seayun".
Dalam konsolidasi kali ini, terdapat 3 macam kegiatan, yaitu:
  • Rapat Koordinasi
Rapat koordinasi adalah suatu agenda pertemuan seluruh peserta delegasi himatika yang ada di wilayah Sumatera Barat. Pertemuan tersebut berguna untuk membahas hal-hal yang dirasa perlu untuk perkembangan serta perubahan IKAHIMATIKA Indonesia menuju lebih baik. 
  • Seminar
Seminar adalah pertemuan untuk membahas suatu masalah yang dilakukan secara ilmiah. Kali ini tema seminar kita adalah “Peranan Matematika dalam Revolusi Industri 4.0” oleh bapak Budi Rudianto sebagai pemateri.
  • Field trip
Field trip adalah kegiatan kunjungan ke sesuatu tempat wisata, dimana kegiatan ini diisi dengan berbagai jenis games guna menciptakan suasana kekeluargaan antar delegasi ikahimatika.










Komentar