MATHEMATIC EXHIBITION


MATHEMATIC EXHIBITION

Jurusan Matematika Universitas Andalas kembali mengadakan Mathematic Exhibition atau biasa disingkat Matex untuk mahasiswa yang sedang menempuh program Sarjana (S1). Matex tahun ini dengan tema "We are the elements of surprise"  merupakan salah satu acara olimpiade dibidang matematika yang tergabung dalam acara Student Fair FMIPA Universitas Andalas 2019 dengan tema “New Spirit to Compete and Achieve” yang diselenggarakan oleh Mahasiswa FMIPA Universitas Andalas pada 26 dan 27 September 2019. Pada acara ini dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Universitas Andalas yaitu Bapak Prof. Dr. Mansyurdin, MS dimana dalam sambutannya beliau mengharapkan kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang perlombaan tapi juga menjadi ajang untuk mencari dan mengembangkan wawasan serta pemahaman dalam dunia ilmu dan sains.

Acara ini diikuti oleh 15 tim yang terdiri dari Universitas Andalas, Universitas Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Negeri Padang, Universitas Bung Hatta, Universitas Dharma Andalas, dan STKIP PGRI Sumatera Barat. Pada acara ini, juara 1 dimenangkan oleh tim dari Universitas Riau sedangkan juara 2 dan 3 dimenangkan oleh Universitas Andalas. 

Selain acara olimpiade, salah satu rangkaian acara Matex yaitu Seminar Rutin Jurusan Matematika dengan tema “Matematika Fuzzy dan Aplikasinya Kehidupan Nyata” dengan narasumbernya adalah Bapak Dr. Admi Nazra yang merupakan salah satu dosen di Jurusan Matematika Universitas Andalas. Seminar ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa. Sesuai dengan tema yang diusung, diharapkan peserta mendapatkan wawasan mengenai aplikasi matematika fuzzy untuk kehidupan sehari-hari.






Komentar